CERMI – BUSINESS STARTUP – ANGGI MAHARANI PK2

CERMI

Latar Belakang dan Motivasi

  1. Bisa perkenalkan diri Anda dan jurusan yang Anda ambil ?                                                  Nama saya anggi maharani saat ini saya mahasiswa PK2 dengan jusrusan Bisnis Digital
  2. Apa nama project atau bisnis yang sedang Anda jalankan?
    Saya mempunyai bisnis aksesoris manik dengan nama pritistuff.id
  3. Apa yang memotivasi Anda untuk memulai project ini?                                                Motivasi awal saya dalam membangun bisnis ini karena saya sangat suka aksesoris” feminim yang mana bisa disesuaikan dengan kebutuhan ataupun selera
  4. Apakah ada pengalaman pribadi yang melatarbelakangi ide bisnis ini?
    Saya suka hal detail terutama tentang penampilan, jadi saya perlu banyak aksesoris yang bisa saya mix n max sesuai dengan outfit tanpa perlu membeli dan PO di sosial media
  5. Sejak kapan project ini mulai dijalankan?
    bisnis ini sudah saya mulai sejak tahun 2023

 

Konsep dan Model Bisnis

  1. Bisa jelaskan secara singkat tentang ide utama dari bisnis Anda?                      Menjual produk aksesoris fashion yang memadukan gaya trendy dengan harga terjangkau, menargetkan konsumen yang ingin tampil stylish tanpa mengeluarkan budget besar.
  2. Siapa target pasar dari produk atau layanan yang Anda tawarkan? Anak muda dan dewasa ( 15 – 35 ) yang aktif di sosial media yang mengutamakan penampilan
  3. Apa keunikan atau keunggulan bisnis Anda dibanding kompetitor? Design mengikuti trend,variasi model yang sering diperbaharui, custom design yang bisa disesuaikan dengan keinginan customer tanpa syarat, harga kompetitif
  4. Apa model bisnis yang Anda gunakan? (misalnya: B2C, B2B, subscription, dsb) Pada saat ini saya masih menjalankan model bisnis B2C dan segera merambah model bisnis B2B.
  5. Apakah Anda membuat business plan atau canvas sebelum memulai? Saat saya memulai bisnis ini saya masih sangat awam terkait business plan jadi saya tidak membuatnya sebelum memulai semua yang saya kerjakan merupakan otodidak

Proses dan Operasional

  1. Bagaimana Anda memulai project ini secara konkret? (tim, modal, lokasi, dll) Semua saya mulai sendiri tanpa tim dan lokasi yang proper karena semua dijual secara online juga modal yang rendah
  2. Siapa saja yang terlibat dalam tim Anda, dan bagaimana pembagian tugasnya?  Karena semua tugas saya yang mengerjakan sendiri, jadi saya terbisa mengatur waktu tentunya dengan skala prioritas terutama untuk customer yang mempunyai design diluar dari katalog yang saya miliki.
  3. Bagaimana strategi pemasaran yang Anda gunakan? Saya fokus pada pemasaran secara digital dengan membuat konten” seperti tutorial “mix & match” aksesoris, before/after styling transformation, styling tips.
  4. Platform digital apa saja yang Anda manfaatkan dalam bisnis ini? Instagram dan Whatsup
  5. Bagaimana cara Anda mengelola keuangan dan pembukuan bisnis? Tentunya melakukan pencatatan harian dan cash flow management

Tantangan dan Solusi

  1. Apa tantangan terbesar yang Anda hadapi selama menjalankan project ini?  Menjaga konsistensi dalam melayani dan menerima custom design yang rumit.
  2. Bagaimana cara Anda mengatasi tantangan tersebut?                                             Menyiapkan barang ready stock lebih sebagai referensi design sehingga saya mempunyai waktu lebih untuk membuat custom design
  3. Jika anda mengalami kegagalan? Bagaimana Anda bangkit kembali? Dengan menjaga semangat untuk membuat kontent agar produk bisa di jangkau dipasar yang lebih luas
  4. Bagaimana Anda mengatur waktu antara kuliah dan bisnis?                                  Bukan hanya kuliah dan bisnis saya juga memiliki pekerjaan tetap. Jadi cukup sulit untuk saya untuk menjaga konsitensi saya untuk selalu mengatur waktu, biasayanya saya membuat produk di kantor disela sela waktu senggang dan istirahat. Dan melakukan perkuliahan setiap pagi di kantor dan kereta menuju kantor melalui zoom meet. Untuk pengiriman saya jadwal kan pada hari sabtu
  5. Seberapa yakin anda dengan bisnis ini?                                                                                Saya masih mencoba selalu yakin dan terus menjalankan bisnis ini, saat ini saya mulai untuk pengembangan bisnis ini agar bisa terus memasuki pasar yang lebih luas lagi

Rencana dan Harapan Ke Depan

  1. Apa target jangka pendek dan jangka panjang untuk project ini?                           Target jangka pendek : pritistuff akan membuat booth pada coffe shop di daerah tangerang, Target jangka panjang : membuat official e-commers pada flatfrom shopee
  2. Apakah Anda berencana untuk mengembangkan project ini setelah lulus kuliah? Tentu
  3. Jika mendapat investor, apa hal pertama yang akan Anda lakukan? Memperbanyak booth pada caffe” dan menghire karyawan
  4. Apa mimpi terbesar Anda dalam membangun bisnis ini?                                            Memiliki identitas visual yang kuat dan mudah diingat konsumen                                                  Ketika orang menyebut “aksesoris trendy terjangkau”, langsung teringat pritistuff                Passive income yang stabil dari sistem subscription                                                                      Menjadi mentor bagi entrepreneur pemula                                                                                 Menginspirasi entrepreneur muda lainnya

Leave a Comment