ASSIGMENT WEEK 10 F112W – ANGGI MAHARANI PK2

ASSIGMENT WEEK 10

 

Berikut adalah tugas kelas Manajemen Pemasaran (FE112) pertemuan #10

PT XYZ adalah perusahaan kosmetik yang telah beroperasi selama 10 tahun. Mereka memiliki beberapa produk unggulan, namun baru-baru ini mereka mengalami penurunan penjualan. PT XYZ ingin mengidentifikasi masalah dan mencari solusi untuk memulihkan kinerja pemasaran mereka, Maka:

1. Berdasarkan studi kasus di atas, jelaskan faktor-faktor apa yang mungkin menjadi penyebab penurunan penjualan PT XYZ?

2. Apa yang dapat dilakukan PT XYZ untuk mengidentifikasi pasar sasaran yang tepat untuk produk kosmetik mereka?

3. Jelaskan strategi pemasaran yang dapat digunakan PT XYZ untuk memperkenalkan produk kosmetik baru mereka ke pasar yang tepat.

4. Bagaimana PT XYZ dapat memanfaatkan riset pasar untuk memahami preferensi konsumen dan tren terkini dalam industri kosmetik?

5. Jelaskan langkah-langkah yang dapat diambil PT XYZ untuk membangun merek yang kuat dan meningkatkan kesadaran merek mereka di kalangan konsumen.

6. Bagaimana PT XYZ dapat menggunakan media sosial dan pemasaran digital untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan keterlibatan dengan konsumen mereka?

7. Jelaskan pentingnya analisis dan pengukuran kinerja pemasaran dalam mengidentifikasi keberhasilan kampanye pemasaran PT XYZ.

JAWAB :

1. Berdasarkan studi kasus di atas, jelaskan faktor-faktor apa yang mungkin menjadi penyebab penurunan penjualan PT XYZ?

 kemungkinan penyebab  menurunnya penjualan yaitu ;

Kurang Mengikuti Trend Produk, Ketika produk perusahaan tidak meningkat, baik varian maupun kualitasnya, pelanggan dapat mengalami kejenuhan dan memilih alternatif produk lain yang lebih terkini. Selain itu, seiring  perkembangan zaman, banyak kebiasaan – kebiasaan serta kebutuhan konsumen yang berubah. Seperti penggunaan masker yang sudah menjadi hal yang wajib dipakai ketika berkegiatan, hal itu bisa menjadi peluang PT XYZ untuk membuat produk kosmetik yang mask proof yaitu produk yang tidak mudah hilang jika terkena gesekan oleh masker. Meskipun perusahaan tidak melakukan perubahan pada produk utama, setidaknya ada produk baru yang dapat meningkatkan minat beli pelanggan. Karena bagaimanapun juga, selera dan kriteria pelanggan dalam memilih produk akan berubah seiring tren yang berlangsung.

 

2. Apa yang dapat dilakukan PT XYZ untuk mengidentifikasi pasar sasaran yang tepat untuk produk kosmetik mereka?

Perusahaan dapat melakukan evaluasi dan analisis trend pasar. Melakukan evaluasi dan tinjauan berkala pada laporan pejualan serta tren terbaru sangatlah penting. Perusahaan harus lebih rajin dalam memantau riwayat penjualan dan juga menemukan faktor yang mampu membuat penjualan  anjlok atau sebaliknya.

Dengan data ini, bisa menentukan produk mana yang tidak laku dan sangat diminati konsumen. Lalu, perusahaan bisa menganalisa tren pasar agar bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk menjual produk yang tidak laku tadi.

Berdasarkan hasil tersebut, Perusahaan juga akan memperoleh data dan juga ide baru dalam membuat strategi pemasaran dan strategi dalam meningkatkan kualitas produk tersebut.

 

3. Jelaskan strategi pemasaran yang dapat digunakan PT XYZ untuk memperkenalkan produk kosmetik baru mereka ke pasar yang tepat.

 1. Lakukan Riset Pasar, Riset pasar bukan hanya bertujuan untuk mengetahui harga produk serupa di pasaran. Riset pasar juga penting mengetahui besar kecilnya potensi produk, dan siapa yang menjadi target pasar produk Anda

2. Ciptakan Nilai Unik dari Produk, mulai menciptakan nilai yang unik atau khusus dari produk yang di tawarkan. Produk yang sama atau tidak memiliki nilai keunikan akan lebih sulit untuk menarik pelanggan baru.

3. Promosi, Strategi promosi yang baik bukan hanya akan menunjukkan kualitas dan keunggulan produk, namun juga dapat menjangkau target pasar secara tepat. Beberapa strategi yang sering dianggap berhasil adalah dengan memberikan potongan harga untuk produk baru dengan waktu terbatas, maupun testimonial positif terhadap produk  baru.

 

4. Bagaimana PT XYZ dapat memanfaatkan riset pasar untuk memahami preferensi konsumen dan tren terkini dalam industri kosmetik?

Riset pasar memungkinkan perusahaan untuk mengenali kebutuhan pasar atau calon konsumen. Produk yang menjawab kebutuhan dan permasalahan pasar dapat meminimalisir kesulitan dalam mencari konsumen. Pelajari juga hal-hal yang dilakukan oleh kompetitor yang memiliki produk sejenis. Jika semua hal ini sudah dilakukan, maka Anda sudah memiliki dasar yang sangat kuat untuk membangun dan meluncurkan produk terbaru Anda.

 

5. Jelaskan langkah-langkah yang dapat diambil PT XYZ untuk membangun merek yang kuat dan meningkatkan kesadaran merek mereka di kalangan konsumen.

Meningkatkan Kualitas Pelayanan, tingkat penjualan yang menurun bisa terjadi karena kualitas layanan yang tidak baik. Tentunya hal tersebut akan berdampak pada kepuasan pelanggan. Anda harus bisa memastikan setiap pelanggan Anda sudah terlayani dengan baik. Dengan layanan yang baik, maka Anda bisa mempertahankan pelanggan agar mereka mau membeli produk.

Membuat Promo Paket Bundling, bila perusahaan mempunyai produk yang sudah lama dan nilai jualnya jadi menurun, maka buatlah promo paket bundling. perusahaan bisa menggabungkan produk yang paling banyak diminati konsumen dengan barang stok lama. Dengan strategi ini,  bisa meningkatkan penjualan dan menghabiskan stok barang lama yang masih tersisa di gudang.

Mempertahankan Kualitas Produk

 

6. Bagaimana PT XYZ dapat menggunakan media sosial dan pemasaran digital untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan keterlibatan dengan konsumen mereka?

Promosikan Bisnis di Media Sosial.

Selain produk, tingkat pemasaran juga harus berkembang seiring berkembangnya waktu dan teknologi agar pelanggan mencapai kepuasan. Bahkan, ketika Perusahaan menggunakan media sosial yang populer. Pemilihan platform pemasaran yang tepat, misal Instagram, Facebook, dan sebagainya.  Konten yang dijalankan juga perlu diperhatikan tentunya, Perusahaan mungkin bisa memasukan beberapa edukasi tentang perawatan kulit tentu berkaitan dengan ingredients yang terdapat pada produk. Dengan memasang iklan digital yang kekinian, foto produk dengan tampilan menarik disertai pemilihan kata-kata yang segar dan menggoda, pelanggan dan calon pelanggan bisa jadi tertarik membeli produk Anda meskipun mereka belum membutuhkannya saat itu berkat konten pemasaran yang unik dan berkesan.

 

7. Jelaskan pentingnya analisis dan pengukuran kinerja pemasaran dalam mengidentifikasi keberhasilan kampanye pemasaran PT XYZ.

Pengukuran kinerja pemasaran akan menjadi factor yang penting karena dapat digunakan sebagai evaluasi dan tolak ukur bagi kegiatan pemasaran.

1 thought on “ASSIGMENT WEEK 10 F112W – ANGGI MAHARANI PK2”

  1. Pingback: SKup Anggi Maharani - 2381476719 - BisDi PK2 - Bisnis Digital Raharja

Leave a Comment