Assignment 5 BD106 – Syahrul MuArif Wahid

  1. Buatlah rangkuman hasil presentasi dari kelompok 1 dan 5
    Rangkuman : 
    API (Application Programming Interface) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan aplikasi dan sistem berinteraksi satu sama lain. API memungkinkan pengembang untuk memanfaatkan data dan fungsionalitas yang sudah ada dalam suatu sistem atau layanan untuk membangun aplikasi baru yang lebih kompleks.

    Contoh penggunaan API yang populer di kehidupan sehari-hari adalah Google Maps API, Twitter API, dan Facebook API. Google Maps API memungkinkan pengembang untuk menambahkan peta dan informasi lokasi pada aplikasi yang mereka bangun, sedangkan Twitter API memungkinkan pengembang untuk mengambil data dari Twitter dan membuat aplikasi yang terhubung ke layanan tersebut. Facebook API memungkinkan pengembang untuk mengakses data dan fungsionalitas Facebook, seperti penggunaan login Facebook pada aplikasi lain.

    Manfaat dari penggunaan API adalah meningkatkan fleksibilitas, efisiensi, dan kemampuan inovasi dalam pengembangan aplikasi. Dengan memanfaatkan API yang sudah ada, pengembang tidak perlu membangun fungsionalitas dari awal dan bisa mempercepat waktu dan biaya pengembangan. Selain itu, API juga memungkinkan pengembang untuk menggabungkan data dan layanan dari berbagai sumber yang berbeda, sehingga meningkatkan kemampuan inovasi dalam pengembangan aplikasi.

    Jenis-jenis API terdiri dari Web API, Library-based API, dan Operating system API. Web API merupakan API yang digunakan untuk mengakses data atau layanan melalui internet. Contoh dari Web API adalah Google Maps API dan Twitter API. Library-based API adalah API yang digunakan untuk mengakses fungsi atau objek dari perpustakaan atau kode sumber tertentu. Contoh dari Library-based API adalah Java API dan jQuery API. Operating system API adalah API yang digunakan untuk mengakses fungsi atau layanan dari sistem operasi. Contoh dari Operating system API adalah Windows API dan POSIX API.

    Kelebihan dari penggunaan API adalah kemampuan interaksi antar aplikasi yang efektif, menghemat waktu dan biaya pengembangan, dan meningkatkan kemampuan inovasi dengan memanfaatkan data dan layanan yang sudah ada. Namun, penggunaan API juga memiliki beberapa kekurangan, seperti memerlukan dokumentasi yang baik dan pemeliharaan yang konstan, menimbulkan masalah keamanan jika tidak diatur dengan baik, dan memerlukan standar komunikasi yang konsisten untuk dapat berfungsi dengan baik.

    Pengaplikasian API di kehidupan sehari-hari sangat luas. Contohnya adalah penggunaan API dalam aplikasi e-commerce, seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. API memungkinkan aplikasi e-commerce untuk mengambil data dan informasi dari berbagai sumber, seperti data produk dari penjual dan informasi pengiriman dari jasa pengiriman. Selain itu, API juga digunakan dalam aplikasi mobile banking, seperti GoPay dan OVO, untuk melakukan transfer uang dan pembayaran menggunakan data dari berbagai bank dan layanan keuangan lainnya. API juga digunakan dalam aplikasi media sosial, seperti Instagram dan TikTok, untuk mengambil data dan fungsionalitas dari layanan tersebut dan menampilkan informasi pada aplikasi lainnya.

  2. Bagi kelompok yang telah presentasi (Kelompok 1 dan 5) sertakan link presentasi dan pertanyaan – pertanyaan yang telah diajukan.
    https://docs.google.com/presentation/d/12hgcKbsZFlVeXefXxGQYGcU-c-qAOMMlpyX_cRUV0Lk/edit#slide=id.g7f9262ee2f_0_5

    Pertanyaan :
    1. Bagaimana keamanan diatur dalam penggunaan API
    2. Bagaimana mengelola dan memantau penggunaan API dalam sistem?
    3. Kenapa jaringan butuh api
    4. Cara atasi eror saat kirim data ke api

Leave a Comment