Cermi2-UR201-Sondang Visiana S

Cermi

Haiii haiii

hallo pribadi Raharja 🤞😉

I’m comebackk, hari ini aku mau cerita mengenai kegiatan perkuliahan Bisnis Digital(BisDi) menonton sidang. Oiyaa sebelum lebih lanjut perkenalkan namaku (sondang visiana s) dan kalian boleh jugaa panggil Ncon hehehe, dengan NIM 2281476082. Salam kenal teman-teman 🤗🤗 Pada kali ini aku mau sharing dikit mengenai materi yang aku bisa ambil dari sidang ka rifan.

Sidang komprehensif dengan tema “transformasi aransemen interkultural musik dangdut memanfaatkan ICT” membahas tentang bagaimana teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan popularitas musik dangdut yang saat ini tergerus oleh musik Kpop. Dalam presentasinya, peneliti menjelaskan bahwa pentingnya upaya menjaga dan mengembangkan musik dangdut sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia.

Dalam penelitiannya, peneliti menggunakan metode Sosial media marketing, IMF, digital musical instruments untuk meningkatkan popularitas musik dangdut. Peneliti menggunakan akun @Aikustikofficial pada platform Youtube, Tiktok, dan Instagram untuk memposting video musik dangdut dengan aransemen yang interkultural. Penggunaan IMF dan digital musical instruments memberikan kesempatan pada musisi untuk menciptakan dan merekam musik dangdut yang berkualitas dengan sentuhan budaya lain.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, terutama sosial media, sangat efektif dalam meningkatkan popularitas musik dangdut. Selama penelitian, peneliti berhasil membuat 119 video dan mengumpulkan 97.000 tayangan dan 5.000 like. Ini menunjukkan bahwa musik dangdut masih memiliki penggemar yang cukup besar dan bisa mendapatkan tempat kembali di dunia musik dengan upaya-upaya yang tepat.

Dalam penelitiannya, peneliti menyoroti pentingnya peran anak muda dalam menjaga dan mengembangkan musik dangdut. Sebagai generasi penerus bangsa, anak muda memiliki peran penting dalam menjaga dan melestarikan budaya Indonesia, termasuk musik dangdut. Dalam konteks ini, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dan pengembangan aransemen interkultural dapat membantu menghasilkan musik dangdut yang lebih segar dan menarik bagi anak muda.

Kesimpulannya, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam mempromosikan musik dangdut sangatlah penting. Dalam upaya menjaga dan mengembangkan musik dangdut, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan popularitas musik dangdut di kalangan anak muda. Selain itu, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi juga memudahkan kolaborasi antara musisi dari berbagai budaya dalam menghasilkan aransemen musik dangdut yang lebih segar dan menarik.

Oke sekian CerMi ku guyyyss🥰🤩

5 thoughts on “Cermi2-UR201-Sondang Visiana S”

  1. Pingback: Assignment2-UR201-Sondang Visiana S - Bisnis Digital Raharja

Leave a Comment